cool hit counter

Cum Date Hari Ini, Begini Cara Tebus Rights Issue Bbri

Jakarta, CNBC Indonesia – Aksi koprorasi rights issue Penambahan Modal dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) menjadi keliru satu kesempatan investor menambah jumlah sahamnya. Biasanya harga pelaksanaan saham bbri yang ditetapkan pun di bawah harga perdagangan saat itu, sehingga mampu memberikan keuntungan bagi investor.

Salah satunya, Right Issue yg dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah memasuki tanggal terakhir perdagangan saham menggunakan HMETD (Cum Date) di pasar reguler dan Pasar Negosiasi 7 September 2021. Aksi korporasi ini pula ditetapkan harganya Rp 3.400 per/saham, & sebagai saat yang tepat bagi investor buat membeli saham BRI menggunakan harga murah.

Setelah itu investor tadi bisa menambah atau menjual HMETD tersebut pada waktu periode perdagangan. Lantas, bagaimana cara menebus saham right tadi?

Transaksi semacam ini ada yang sudah bisa dilakukan secara online mulai menurut akses melalui aplikasi dalam ponsel atau melalui website resmi sekuritas yang dituju. apabila tidak mampu melalui aplikasi, maka mampu menghubungi pihak terkait berdasarkan sekuritas di mana investor tersebut menyimpan HMETD-nya.

Namun apabila mampu melalui platform sekuritas yang dimaksud, pilih pelaksanaan right/warrant kemudian isi jumlah lbr yg ingin ditebus. Dengan catatan, RDN tersebut sudah terisi nominal sesuai menggunakan jumlah lembar yg diinginkan atau lebih.

BRI yang menggelar Penawaran Umum Terbatas I (PUT I) atau rights issue menggunakan menerbitkan 28.677.086.000 saham ini memiliki sasaran holistik dana yang dihimpun sebanyak Rp 95,92 triliun.

Sebagian berdasarkan jumlah tadi merupakan transaksi inbreng saham milik pemerintah di Pegadaian dan PNM dengan nilai Rp 54,77 triliun sebagai akibatnya pasca aksi korporasi ini holding Ultra Mikro akan terbentuk pada bawah BBRI.

Adapun bagi investor dengan kepemilikan saham kurang berdasarkan 1 miliar lembar nir perlu risi, lantaran permanen mendapatkan kesempatan membeli saham rights issue ini. Setiap pemegang saham yang mempunyai kurang dari 1 miliar saham bisa menerima HMETD sinkron dengan porsi rasio HMETD. Namun, setiap HMETD yg dalam bentuk pecahan akan saham bbri dibulatkan ke bawah (round down).

Contohnya jika seorang investor ritel memiliki 10 lot atau 1.000 lembar saham BBRI, maka akan menerima 230,12 HMETD. Namun, lantaran pembulatan maka HMETD yang diterima hanya 230 unit atau dua lot ditambah 30 unit atau odd lot.

Setelah mendapatkan HMETD, bisa dihukum sebagai saham baru BRI dengan porto Rp 3.400 per saham. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga saham BBRI yang terus beranjak pada kisaran Rp 3.800-4.100 dalam beberapa pekan terakhir.

[Gambas:Video CNBC](rah/rah)